RUANG LINGKUP PENDIDIKAN SDI AL HUSAIN
A. SISTEM PENDIDIKAN
SDI Al Husain sebagai lembaga pendidikan islam, yang memaduka IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan IMTAQ (iman dan taqwa) yang berdasarkan pada potensi anak didik masing-masing melalui berbagai program pengajaran dan pendidikan yang berkelanjutan dan seimbang dengan kemapuan anak didik untuk mencapai sasaran profesi dan bakat serta potensi yang sesuai untuk tingkat kecerdasan mereka masing-masing.
B. KURIKULUM
Dalam pelaksanaan pendidikan, SD Islam Al Husain menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Al Husain untuk kelas 3 dan 6, dan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1,2 dan 4,5.
selain melaksanakan kurikulum dari pusat, SD Islam AL Husain juga menambahkan kurikulum lokal sebagai berikut:
- Bahasa Inggris
- Komputer
- Bahasa Sunda
- Qiroatul dan Tahsinul Quran
- Tahfidzul Quran
- Bahasa Arab
- Praktik Ibadah
- Doa dan dzikir harian
- Sholat zuhur berjamah
- Sholat Jumat
- Sholat Duha
- Keputrian
- Quran Camp
Kurikulum yang dibangun di SDI Al Husain berusaha mengedepankan akhlak mulia dalam program pendidikan dan pembinaan siswa-siswinya sebagaimana yang diterapkan dalam pendidkan islam. keterangan:
- Hafalan doa dilaksanakan minimal 4 kali dalam sebulan pada saat ikrar pagi, sholat duha dan diulang kembali pada saat sholat berjamaah.
- Pengulangan hafalan Al Quran saat sebelum masuk KBM atau pada saat menunggu sholat berjamaah.
- pelaksanaan sholat berjamaah dilakasankan setiap hari Senin-Jumat dengan menggunakan hafalan Al Quran yang sudah diprogramkan.
- Pemberian kosa kata/idiom Arab/Inggris dilakukan pada saat ikrar pagi berlangsung dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
- Khusus kelas 4 ke atas, wajib melaksanakan sholat jumat di masjid sekolah di bawah bimbingan guru laki-laki.
- Keputrian dilaksanakan pada hari jumat, khusus bagi siswi kelas 4 ke atas di bawah bimbingan guru perempuan.
PROGRAM KEGIATAN SATU TAHUN DALAM KALENDER AKADEMIK SD ISLAM AL HUSAIN
1. BIDANG AKADEMIK
- Penilaian Harian
- Penilaian Tengah Semester 1
- Penilaian Akhir Semeter
- Penilaian Tengah Semester 2
- Penilaian Akhir Tahun
2. Bidang Non Akademik
- Bidang Non Akademik
– Peringatan HUT RI
– Peringatan Hari Sumpah Pemuda
– Peringatan Hari Pahlawan
– Peringatan Guru
– Peringatan Hari Kartini
– Peringatan Hari Pendidikan Nasional - PHBI (Peringatan Hari Besar Nasional)
– Praktik Qurban
– Peringatan Tahun Baru Hijriyah
– Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
– Peringatan Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW
– Pesantren Kilat Ramadan
– Buka Puasa Bersama dan Santunan Yatim Piatu - Bidang Kesiswaan lainnya
– Penjaringan kesehatan siswa
– Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut
– Kepramukaan
– Fieldtrip
– Marketday
– Studytour
– UKS
– Dokcil
– Quran Camp (khusus kelas 4-6)
– Munaqosah Tahfizhul Quran
– Haflah Akhirussanah
– Pelepasan Siswa Kelas 6 (kelas 6)
– Gerakan Cinta Lingkungan
– Literasi
KONSEKUENSI LOGIS DAN DISIPLIN TERHADAP SISWA SDI AL HUSAIN
Demi terwujudnya keberhasilan suatu pendidikan tentunya diperlukan sebuah aturan (disiplin) yang tepat yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, berhasil atau tidaknya sebuah aturan tentunya harus didukung oleh semua pihak, baik pendidik, peserta didik maupun orangtua peserta didik.
Disiplin dan konsekuensi logis tersebut diberikan kepada siswa yang melanggar aturan dan tata tertib sekolah SDI Al Husain berupa:
a. Peringatan secara lisan
b. Peringatan secara tertulis
c. Denda atau diberi tugas/sanksi
d. Dipanggil orangtua/walinya
e. Dipulangkan
f. Diskors dan dikeluarakan dari sekolah
Tugas dan sanksi yang diberikan kepada siswa yang melanggar dapat berupa:
- Menghafal baik pelajaran agama maupun umum
- Tugas menulis
a. Menulis bebas
b. Mengarang
c. Merangkum - Membaca iqro / Al Quran atau buku pelajaran dan lain-lain.
- Bertutur atau muhadatsah
- Meminta maaf dan meminta tanda tangan kepada guru atas pelanggaran yang dilakukan.
- Mengulang Sholat Sunnah
- Menyiram tanaman
- Merapikan atau membersihkan tempat
Rancangan program disiplin dilakukan melalui pendataan kesalahan dan pelanggaran siswa dinilai dengan menggunakan point. Besarnya point didasarkan pada tingkat kesalahan yang dilakukan.
PERHATIAN DAN REWARD
Begitu besarnya perhatian sekolah terhadap perkembangan anak dan perilaku serta disiplin anak didiknya, sekolah menyiapkan dua raport akhlak untuk di rumah dan di sekolah, bahkan penilaian prestasi siswa/i SD Islam Al Husain sangat dipengaruhi oleh raport akhlaknya yang menunjukan kepribadian dan perilakunya di rumah dan di sekolah.
Siswa/i yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik akan diberikan penghargaan berupa:
Piala, piagam/sertifikat, hadiah, lintang jasa, pujian dan lainnya.
Penghargaan tersebut iberikan dalam upaya memotivasi siswa agar lebih giat lagi dalam belajar, serta menjunjung akhlak mulia dalam mengembangkan bakat dan potensinya masing-masing.
Semoga SD Islam Al Husain dapat mengembangkan pendidikan sesuai dengan pendidikan yang dilaksanakan dan direalisasikan oleh Baginda Rosulullah SAW.